Sunday, July 3, 2011

Ken Zuraida

Ken ZuraidaKen Zuraida, Istri almarhum sastrawan WS Rendra memuji Komunitas teater sekolah se kabupaten gresik

" Semangat anak - anak Teater sekolah ini sangat luar biasa karena baru kali ini teater di populerkan didalam sekolah dah masuk sebagai Intra sekolah," katanya dalam pembukaan performen art BIP BOP teater mini kata di MAN 1 Gresik.

Dalam kesempatan itu, Ken Zuraida bersama crew tampil di kota Gresik yang juga dimeriahkan dengan parade puisi oleh murid dan pengagum W.S. Rendra, serta orasi budaya oleh budayawan sekaligus wakil bupati Moh. Qosim

"Luar biasa, saya senang, ini telah membuat catatan sejarah teater di Indonesia. Paling tidak, ini akan menjadi ajang silaturahmi banyak kelompok yang selama ini tidak muncul ke permukaan," katanya.

Apalagi, kata dia, juga ada workshop sebagai sarana latihan berteater sehingga pertemuan yang menumbuhkan saling kenal menjadi lebih penting daripada "performance" yang ada.

"Itu penting, karena infrastruktur teater di Indonesia itu tidak ada sehingga sutradara itu merangkap mulai dari sumber dana, sumber naskah, humas, dan semuanya," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap kunjungan ini akan menjadi ajang silaturahmi yang tidak hanya ada satu kali, tapi berkesinambungan dan akhirnya menumbuhkan komunitas teater sekolah di Indonesia.

"Saya selalu optimistis bahwa pertumbuhan teater itu akan selalu muncul karena pemain baru akan selalu ada. Mungkin saja teater Indonesia sudah kolaps, tapi sesungguhnya tumbuh di mana-mana yang kini dijadikan terbuka melalui bibit dari teater sekolah" katanya.

Sebagai "orang teater", istri W.S. Rendra itu mengaku suaminya adalah Bapak Teater Modern di Indonesia. "Karena itu, saya nggak apa-apa kalau nama Rendra dijadikan spirit dalam acara ini. Saya ingin melihat generasi baru teater," katanya.

" teruskan perjuangan para tokoh teater yang telah mendahului kita" katanya pada Ghozi nge dan Ibrahim DR

0 comments:

Post a Comment