Monday, January 21, 2013

Ludruk Gresik Mbah Mo



Mastohir yang akrab disapa Mbah Tohir adalah pria kelahiran 29 September 1946 di Kota Pahlawan (Surabaya). Sejak menginjak bangku SLTP beliau sudah menggeluti dunia teater. Tahun 1964 lulus dari SMA Trimurti Surabaya dan kemudian menlanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Karena faktor biaya beliau tidak melanjutkan pendidikannya. Hingga akhirnya beliau memillih pindah ke Akademi Seni Rupa Surabaya.

Tahun 1967 beliau bergabung dengan Srimulat, awalnya sebagai pelukis reklame, lalu meningkat menjadi aktor spesialis horror dan menjadi art director.

Pada Tahun 1976 - 1978, beliau melancong ke Jakarta dan mengerjakan beberapa film, Sebagai artistik dan aktor. Tahun selanjutnya hingga tahun 1989, beliau bergabung dengan Srimulat kota Solo sebagai sutradara dan aktor, lalu berkeliling ke Srimulat Semarang dan Jakarta. Hingga akhirnya kembali ke kota kelahirannya, Surabaya. Sekembalinya di Surabaya, beliau menemui kondisi panggung Srimulat dan kesenian tradisional yang sepi penonton yang kemudian berdampak pada bubarnya Srimulat Surabaya dengan sendirinya.

Kondisi pada saat itu membuat beliau kembali bergelut di dunia teater. Proses naskah “Pesta Pencuri” beliau jalani bersama Teater Bengkel Muda Surabaya untuk dipentaskan keliling se Jawa tahun 2008. Dan pada Tahun 2009, beliau mulai mementaskan naskah Monolog di Surabaya, Gresik, Taman Budaya Surakarta. Dan Tahun 2010-2011 beliau kembali bergiat dengan Srimulat Jakarta.

Kemudian untuk mengenang Markeso (Tokoh Ludruk Surabaya), beliau kembali mementaskan monolog dengan naskah “CUH”. Proses berikutnya, dengan naskah karya sendiri yang berjudul “JOKASMO” yang terinspirasi dari Naskah “Nyanyian Angsa” karya Anton Chekov, beliau digarap dengan gaya "Srimulatan. "Pada awal September tahun 2011 naskah “JOKASMO”, dipentaskan kelilingyang dimulai dari kota KEDIRI – SURABAYA – JOMBANG – STIE PARE – PASURUAN – LAMONGAN – SUKOREJO – MALANG – GRESIK –TUBAN –SOLO.

Program pentas keliling Monolog “JOKASMO” masih akan berlanjut setelah tanggal 19 Agustus 2012 ( setelah hari raya idul fitri ) yang akan dimulai dari YOGYAKARTA – PEKALONGAN – KUDUS – MAGELANG – PURWAKARTA – BANDUNG dan JAKARTA

0 comments:

Post a Comment